10 Fakta tentang Virus Corona yang Menggegerkan Dunia

Virus Corona

Saat ini, perhatian dunia tertuju dengan fenomena munculnya virus Corona atau Novel 201 Coronavirus (2019-nCov). Virus ini dicurigai muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok. Tak hanya menjadi momok di Tiongkok, negara lain di dunia juga mulai dihantui ketakutan akan munculnya virus ini. Pasalnya, penyebarannya memang begitu cepat dan mematikan. Gejala dan ciri virus Corona ini mirip dengan SARS.

Hingga saat ini, virus Corona telah menelan korban hingga 81 orang sejak ditemukan pada akhir Desember 2019 lalu. Sedangkan, jumlah orang yang telah terinfeksi virus ini adalah sebanyak lebih dari 2.700 dan sudah menyebar ke 14 negara lain. Beberapa negara yang telah positif terinfeksi virus Corona adalah Singapura, Thailand, Prancis, Malaysia dan Amerika Serikat.

Berikut ini 10 fakta yang perlu diketahui tentang virus Corona.

  1. Masa inkubasi virus Corona tergolong cepat, yakni hanya 1-14 hari saja. Selain itu, virus ini juga sangat cepat menyebar, bahkan bisa menular sejak dalam masa inkubasi. Hal ini berbeda dengan virus SARS yang pernah mewabah di Tiongkok sebelumnya.
  2. Penyebaran dan evolusi virus Corona tergolong sangat cepat. Hal ini membuat pihak berwenang merasa kesulitan untuk mengendalikan penyebaran virus dari Wuhan tersebut. Di sisi lain, hingga saat ini pihak berwenang di Wuhan belum mengetahui dampak dari mutasi virus Corona yang amat cepat tersebut. Dikabarkan pula banyak tenaga medis yang kelelahan, kewalahan, depresi, dan tertekan dengan banyaknya pasien terinfeksi Corona di Wuhan. Tenaga medis bekerja sangat ekstra untuk menangani pasien yang terus berdatangan.
  3. Meski begitu mencekam dan banyak korban yang telah meninggal, WHO belum melabeli virus Corona sebagai sebagai darurat global, melainkan darurat Tiongkok. Padahal, sudah banyak negara yang positif terinfeksi virus ini.
  4. Gejala yang ditimbulkan dari infeksi virus ini adalah flu, demam, batuk, sesak napas, pneumonia, gagal ginjal, gangguan pernapasan, dan kematian. Suasana begitu mencekam ketika banyak video beredar warga Tiongkok yang tiba-tiba terjatuh di pinggir jalan dan diduga akibat virus ini.
  5. Virus ini memakan banyak korban berupa orang tua dan telah memiliki riwayat penyakit tertentu sebelumnya. Dengan kata lain, orang yang memiliki antibodi rendah cenderung lebih rentan.
  6. Virus Corona merupakan virus RNA. Artinya, virus ini hanya memiliki materi genetik berupa RNA. Sehingga, dalam melakukan aktivitas kehidupan di sel inang, ia menggunakan DNA inangya. Sehingga, hal ini berdampak pada mutasinya yang begitu cepat.
  7. Pusat penyebaran virus Corona adalah di Hubei, Wuhan, Tiongkok yang saat ini kasusnya sudah melonjak sebanyak 30% per Senin, 27 Januari 2020.
  8. Virus Corona sudah dilaporkan menginfeksi 14 negara lain, selain Tiongkok. Namun, belum ada kematian di negara-negara tersebut akibat infeksi virus Corona.
  9. Peneliti di Tiongkok menduga virus ini disebabkan oleh satwa liar, yakni ular dan kelelawar yang berasal dari pasar ilegal di Wuhan. Pasar tersebut bernama Huanan Seafood Market.
  10. Saat ini, Tiongkok meng-klaim telah berhasil menyembuhkan penderita virus Corona, yakni pemuda berusia 23 tahun bernama Huang dan Chen, perempuan berusia 56 tahun.