5 Fakta Wishnutama – Dari TV ke Kursi Menteri

Wishnutama kini resmi menjadi Menteri dalam kabinet pemerintahan presiden Jokowi pada periode ke-2. Di kalangan profesional di dunia pertelevisian, Wishnutama sangat dikenal terutama di stasiun televisi swasta NET TV. Setelah merintis stasiun televisi tersebut, kini Wishnutama resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Yuk kita simak 5 fakta Wishnutama.

1. Lahir di Papua

Tanah kelahiran Wishnutama adalah di Jayapura, Papua. Oleh karena itu, pria yang lahir pada 4 Mei 1970 ini memiliki kedekatan dengan Papua. Wishnutama sering mengabadikan pemandangan di Papua melalui hasil foto-fotonya. Bahkan beberapa di antaranya diposting di akun instagram miliknya.

2. Hobi Fotografi

Salah satu hobi yang dimiliki oleh Wishnutama adalah fotografi. Dari aktifitas resmi hingga liburan, beliau sering memotet berbagai objek. Tak hanya foto-foto di Papua, Wishnutama memiliki beragam koleksi foto dari mulai pemandangan alam hingga perkotaan.

3. Sekolah di Luar Negeri

Sejak SMA, pria yang akrab di sapa Tama ini sudah meniti pendidikan di luar negeri. Pada jenjang SMA, beliau mengenyam pendidikan di SMA Kooralbyn International School Queensland Austalia. Kemudian pindah ke International School of Singapore.

Setelah lulus SMA, Wishnutama mendapat beasiswa untuk melanjutkan di perguruan tinggi di Norwegia, tepatnya di Norwich Univesity. Di perguruan tinggi ini, beliau juga mendapatkan pendidikan karakter berbasis militer.

Belum sampai di situ, Wishnutama setelelh lulus pada tahun 1992, melanjutkan kuliah di Amerika. Di Amerika, tepatnya di Boston, Wishnutama menempuh pendidikan di dua perguruan tinggi sekaligus yaitu di Emerson College dengan jurusan komunikasi dan di Mount Ida College dengan jurusan liberal arts.

4. Berkecimpung di Dunia Pertelevisian

Wishnutama merupakan salah satu tokoh yang dikenal di dunia Pertelevisian. Pada tahun 1994, Wishnutama bergabung dengan stasiun televisi Indosiar hingga menjabat posisi Production Manager.

Pada tahun 2001, beliau pindah ke Trans TV dan menjabat sebagai Kepala Divisi Produksi. Setelah beberpa tahun, Wishnutama mendapatkan promosi jabatan hinnga menjadi Managing Director. Pada saat itu Wishnutama memimpin beberapa acara terkenal seperti Ekstravaganza, Dunia Lain, dan Opera van Java.

Hingga pada tahun 2012, Wishnutama bersama Agus Lasmono bersama-sama mendirikan NET TV. Visi Wishnutama saat itu adalah ingin memiliki stasiun televisi yang memiliki program-program positif dan netral dalam segala hal termasuk politik.

5. Kunci Sukses Asian Games di Indonesia

Wishnutama merupakan orang yang paling bertanggung jawab atas pentas pembukaan dan penutuan Asian Games tahun lalu. Wishnutama ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi untuk menangani segala konsep dan pelaksanaan pembukaan dan penutupan Asian Games. Dibantu Addie MS sebagai penata musik, Wishnutama berhasil menyajikan tampilan yang megah nan mewah selama pembukaan dan penutupan. Menurut beberapa sumber, keberhasilan Wishnutama inilah yang menjadi salah satu alasan terpilih menjadi menteri untuk urusan pariwisata dan kreatifitas.