5 Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Milenial

Bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial, freelance menjadi sangat penting untuk dilakukan agar tetap bisa jajan, nongkrong, atau bahkan kencan dengan kekasih hati. Jika hanya mengandalkan kiriman orang tua, pastinya hanya cukup untuk makan sehari-hari dan tugas. Jika selama ini kalian selalu berpikir bahwa menjadi tutor adalah freelance buat mahasiswa yang paling tepat, maka kalian perlu membuka wawasan lebih dalam. Pasalnya, di zaman serba digital dan milenial seperti sekarang, banyak sekali kesempatan yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk berkarya dan berpenghasilan lebih. Bisa-bisa, kalian sudah tidak lagi mengandalkan kiriman orang tua, lho.

Nah, yuk intip freelance yang saat ini sedang hits banget.

1. Content Writer atau Penulis Lepas

Jika kalian sedang santai dan scroll ponsel, tentu sering dong baca artikel di berbagai blog atau website. Biasanya kalau untuk mahasiswi sering buka-buka review produk kecantikan atau skincare. Nah, untuk mahasiswa cowok, biasanya seneng banget scroll tentang gadget, sepatu, atau produk-produk lainnya. Jika selama ini hanya membaca, coba berpikirlah jika kalian menjadi penulis di blog atau web yang sering kalian baca tersebut. Nggak perlu dan nggak harus jurusan bahasa kok, dari jurusan apa pun bisa terjun ke freelance ini asalkan memahami tata cara penulisan. Sedangkan, untuk gaya penulisan bisa disesuaikan dengan kebutuhan content. Kalian bisa mengambil job disela jadwal kuliah dan mengerjakan tugas. Dengan memanfaatkan internet gratis di kampus, kalian bakal mendapat banyak pemasukan dari freelance ini jika konsisten. Karena, kebutuhan content online selalu meningkat setiap saat. Ya, ini dikarenakan era yang serba milenial.

2. Desainer

Freelance yang satu ini cocok banget buat kalian yang kuliah di jurusan desain. Namun, nggak menutup kemungkinan bagi jurusan lain yang hobi desain dan bisa mendesain. Saat ini banyak sekali wadah yang bisa menjual karyamu, misalnya desain logo, desain website, baju, interior dan lain sebagainya. Bukan hanya di dalam negeri, bahkan kalian bisa menawarkan dan menjual hasil desainmu ke client di luar negeri. Kalian bisa menjual desain di 99design.com, logommyway.com, tutorial9.com, themeforest.com, shutterstock.com, behance.net, dan masih banyak lagi yang lain. Tentu saja, kalian harus memilih lapak yang sesuai dengan jenis desainmu.

3. Online Marketer

Online marketer adalah seseorang yang memiliki tugas memasarkan produk secara online. Semua aktivitas pemasaran produk dilakukan secara online. Salah satu target utamanya adalah meningkatkan traffic baik blog, website, atau marketplace agar penjualan meningkat. Selain itu, tugasnya adalah membagikan berbagai informasi tentang produk yang dijual melalui beberapa media sosial yang dimiliki oleh si pemilik toko. Sehingga, kalian juga sebagai pembangun hubungan yang baik antara seller dengan buyer. Karena bersifat online, kalian bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun. Meskipun tergolong baru, freelance yang satu ini banyak diminati mahasiswa milenial untuk mendapat tambahan uang jajan.

5. Fotografer

Kaum milenial saat ini sering disebut juga dengan kaum pemuja konten. Di mana pun dan kapan pun, kaum milenial selalu membuat konten untuk media sosialnya, baik itu WA, IG, Facebook, Tik Tok, dan lain sebagainya. Nah, ini adalah kesempatan bagus untuk mahasiswa fotografer atau mahasiswa yang memiliki hobi memotret. Kalian bisa menawarkan jasa di berbagai lokasi, utamanya di lokasi wisata. Bahkan, saat ini juga banyak fotografer freelance yang disewa untuk sekadar mengabadikan momen jalan-jalan pasangan muda. So, kalian bisa mengisi weekend dengan mendulang pundi-pundi rupiah dengan menjadi fotografer.

4. Ojek Online

Menjadi driver ojek online bukan lagi hal baru. Saat ini, pekerjaan ini banyak diminati oleh semua kalangan. Bahkan, banyak mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang di sela-sela kuliah menjadi driver ojek online. Penghasilan yang menjanjikan adalah salah satu daya tarik mahasiswa mengambil pekerjaan ini sebagai freelance. Penghasilannya pun dapat digunakan untuk banyak keperluan, salah satunya adalah untuk biaya hidup dan uang semesteran.