Fitur Baru “Family Safe” Untuk Beri Batasan Waktu Bagi Anak

Pihak Pengembang Tik Tok sepertinya paham betul bagaimana aplikasi ini bisa menjadikan anak betah bermain Tik Tok selama berjam-jam. Oleh karena itu Tik Tok meluncurkan fitur keamanan baru bernama Family Safe agar para orang tua bisa mengontrol penggunaan aplikasi ini bagi anak-anak mereka.
Fitur Family Safety Mode, memungkinkan orang tua untuk dapat menentukan batasan waktu berapa lama anak-anak mereka dapat menggunakan aplikasi Tik Tok. Tujuan adanya fitur ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi orang-orang dan para pengembang aplikasi sosial media untuk membangun hubungan yang sehat dengan aplikasi dan layanan berbasis online.
Ketika fitur ini sedang aktif, akam muncul video yang isinya mengingatkan pengguna untuk berhenti bermain Tik Tok. Video tersebut akan otomatis muncul jika terdapat seseorang yang bermain Tik Tok dalam waktu yang relatif lama atau berdasarkan waktu yang telah di seting sebelumnya. Video ini juga akan muncul bagi pengguna biasa namun pengguna tersebut dapat skip video peringatan dengan cara scroll ke video selanjutnya.
Menurut TikTok, mereka sedang berupaya untuk mengenalkan beberapa alternatif agar komunitas pengguna Tik Tok dapat lebih aman dan bijak dalam menggunakan aplikasi Tik Tok.
Fitur Family Safe ini juga dapat digunakan oleh orang tua untuk membatasi siapa saja yang dapat mengirim Direct Message atau DM kepada anak mereka yang menggunakan TIk Tok. Atau para orang tua dapat mematikan fitur DM, sehingga si anak tidak dapat menerima atau mengirim DM. Kemudian orang tua juga dapat melakukan pengaturan jenis konten apa saja yang dapat dilihat oleh si anak ketika menggunakan Tik Tok.
Namun sayangnya, fitur keamanan ini baru tersedia di Inggris. Menurut rilis Tik Tok, fitur ini akan tersedia secara global di akhir bulan Februari 2020.