Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Memilih asuransi kesehatan tidak bisa dianggap remeh karena ada beragam perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan. Belum lagi terdapat beragam layanan dari setiap asuransi kesehatan Kita sebagai konsumen harus tau, layanan asuransi seperti apa yang benar-benar kita butuhkan. Namun dalam memilih asuransi kesehatan perlu juga diperhatikan berbagai macam faktor seperti kredibilitas penyedia asuransi dan kemampuan finansial kita. Untuk lebih jelasnya simak tips memilih asuransi kesehatan berikut ini.

Catat Kebutuhan Utama Keluarga

Sebelum mulai mencari layanan asuransi kesehatan, anda harus mengetahui apa saja kebutuhan dan kondisi kesehatan di keluarga anda. Lihatlah riwayat kesehatan anda, pasangan anda, dan anak-anak anda. Perkirakan juga adanya kejadian umum yang memiliki resiko yang dapat mengancam kesehatan keluarga.

Berdasarkan hal tersebut anda dapat memperkirakan polis apa saja yang harus tersedia untuk memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga anda.

Cari Beberapa Pilihan Produk Asuransi Keluarga

Setelah memiliki kriteria khusus, maka selanjutnya adalah mencari produk asuransi kesehatan berdasarkan kriteria tersebut. Buat daftar, produk asuransi apa saja yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga anda. Catat apa saja kelebihan dan keuntungan yang diberikan oleh setiap produk asuransi tersebut. Pastikan juga bahwa manfaat yang ditawarkan dari produk tersebut nantinya akan anda gunakan untuk keluarga anda.

Pilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Hal ini sangat mungkin membuat anda bingung untuk memilih perusahaan mana yang tepat. Salah satu cara adalah membandingkan setiap perusahaan. Atau anda bisa juga menanyakan informasi tentang perusahaan asuransi dari teman, kolega, saudara atau teman. Cara lain anda bisa mencari review perusahaan asuransi beserta produknya di internet.

Cek Beban Finansial

Asuransi kesehatan merupakan langkah untuk mengurangi beban finansial yang harus dikeluarkan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dengan kondisi kesehatan keluarga. Oleh karena itu pilihlah produk asuransi yang biaya premi setiap bulannya masih terjangkau atau sesuai dengan kemampuan yang ada miliki.

Untuk memberikan gambaran mengenai suatu produk asuransi kesehatan, tanyakan bagaimana simulasi pembayaran dengan staf pegawai dari perusahaan asuransi. Selain itu beberapa perusahaan asuransi memiliki simulasi yang bisa diakses secara online yang bisa anda coba kapan saja.

Pastikan keuntungan asuransi yang ditawarkan, sesuai dengan beban finansial atau premi yang akan anda tanggung selama menggunakan produk asuransi tersebut.

Gunakan Jasa Pihak Ketiga

Meskipun sederhana, terdapat berbagai macam hal yang harus dipahami sebelum memilih produk asuransi. Bagi beberapa orang mungkin hal ini terlalu rumit atau terlalu makan banyak waktu. Jika anda salah satu orang tersebut, anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga.

Pihak ketiga untuk asuransi biasa disebut sebagai broker. Broker akan membantu anda mengambil keputusan mengenai asuransi kesehatan dan juga bisa menjadi tempat konsultasi untuk memilih produk asuransi. Namun jangan sampai salah memilih marketing yang mengaku sebagai broker. Broker sebagai pihak ketiga selalu objektif dalam memberi masukan. Sebagai gantinya anda perlu memberi fee untuk mendapatkan jasanya.

Pahami Sistem dan Mekanisme Asuransi Kesehatan

Sistem asuransi kesehatan pada dasarnya terdiri dari dua jenis utama yaitu hospital benefit dan hospital cash plan.

Hospital benefit memberikan cakupan layanan penggantian biaya secara menyeluruh dan terperinci sesuai dengan biaya yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit saat anda berobat. Untuk jenis asuransi ini biasanya menggunakan prosedur klaim cashless baik menggunakan kartu atau pembayaran langsung oleh penyedia asuransi.

Sedangkan pada jenis kedua yaitu hospital cash plan menyediakan penggantian biaya kesehatan pada jumlah yang pasti. Jumlah tersebut berdasar pada perjanjian atau polis asuransi. Prosedur klaim untuk mekanisme ini biasanya menggunakan metode reimbursement.

Rumah Sakit Rekanan

Produk asuransi kesehatan selalu memiliki daftar rumah sakit rekanan. Pengguna produk asuransi biasanya bisa menggunakan layanan asuransi jika berobat pada rumah sakit rekanan tersebut. Oleh karena itu dalam memilih produk asuransi, pastikan asuransi tersebut memiliki rumah sakit rekanan yang dengan layanan kesehatan yang lengkap.