Tips Menjadi Editor Meskipun Bukan dari Jurusan Bahasa

Siapa bilang menjadi editor harus dari jurusan bahasa? Dunia literer sangat luas, kita bisa melihat dari banyaknya jenis buku di toko buku yang dapat ditemui, mulai dari buku pelajaran, kependidikan, biografi, sejarah, agama, entertainment, self improvement, dan masih banyak lagi yang lain. Dari masing-masing bidang, diperlukan pendalaman materi agar naskah yang disajikan benar-benar mempresentasikan pengetahuan yang benar.

Nah, berdasarkan hal tersebut, tentu saja editor tidak hanya diambil dari lulusan bahasa. Apa pun jurusan yang diambil saat sarjana maupun pascasarjana, kalian bisa menjadi editor andal. Berikut ini tips menjadi editor bagi kalian yang tidak dari jurusan bahasa.

1. Menjadi Editor Wajib Memahami EYD

Kunci utamanya adalah menguasai EYD. Karena, salah satu tugas editor adalah mencari kesalahan dan membenarkan kalimat yang ada di dalam naskah. Penguasaan EYD bisa dipelajari secara otodidak, tanpa harus mengambil jurusan bahasa. Jadi, kalian harus memegang kunci pertama ini jika ingin menjadi editor.

2. Telaten dan Teliti Setiap Kata

Dalam mencari kesalahan dan membenarkan kalimat, jangan bayangkan bahwa naskah kita hanya berjumlah 30 halaman seperti halnya laporan atau makalah saat kuliah. Jumlah halamannya sangat bervariasi dan tentu saja jauh lebih banyak daripada makalah atau laporan yang sering dibuat saat kuliah. Menjadi editor juga menuntut ketelatenan dan ketelitian ekstra. Karena, di dunia kerja selalu bersahabat dengan tenggat waktu yang telah ditentukan oleh atasan. Editor harus telaten, teliti, tepat, dan cepat dalam bekerja.

3. Terbiasa Membaca dan Menulis

Editor sangat dekat dengan kegiatan membaca dan menulis. Bahkan, hal mutlak yang harus dikerjakan oleh editor adalah membaca. Terbiasa membaca dan menulis sangat membantumu bekerja sebagai editor. Berlama-lama di depan komputer dan berkecimpung dengan berbagai kalimat dan kata mempermudah menemukan letak kesalahan dan sekaligus membenarkannya. Bagi kalian yang terbiasa atau sudah pernah menjadi freelancer artikel online sangat menunjang pekerjaan sebagai editor.

Dari tiga hal yang telah disebutkan, tidak semua mahasiswa jurusan bahasa memilikinya. Jika kalian memegang tiga kunci ini, pekerjaan sebagai editor tidak akan sulit untuk didapatkan dan dijalani.

 

Salam literasi!